Pages

Monday, October 03, 2011

Fokus, Kreatif dan Menghasilkan

Selamat Pagi teman-teman dimanapun anda berada, semoga yang sedang membaca ini mendapat ilmu yang bermanfaat. Amin
Awalnya terinspirasi dari Kata - kata orang tua saya. "Fokuslah dengan apa yang kamu kerjain, kalo bercabang-cabang kerjaan kamu ga akan maksimal hasilnya nanti" (versi translet sendiri.. :p)
Hmm,, sejenak saya berfikir,, benar juga kata Orang tua saya,,, bahwa fokus terhadap apa yang ada dihadapan kita (pekerjaan) adalah hal penting yang menunjang kesuksesan kita.
Fokus adalah mempusatkan satu fikiran kita terhadap sesuatu hal hingga kita dapat memahami secara mendalam terhadap hal tersebut. saya coba untuk memutar kembali memori masa lalu, ketika saya masih melakukan bisnis di masa kuliah awal. Setiap orang yang menemui saya dan menawarkan ide gilanya pasti selalu membicarakan tentang fokus, fokus dan fokus. Salah satu yang pasti dibicarakan pasti seperti ini :
Teman saya namanya A, dia dulu bekerja sebagai PNS, kemudian dia ditawarkan untuk berbisnis ini, A memutuskan untuk melakukan gencatan senjata (bahasanya... :p ) maksud saya keluar dari PNS, dan A fokus melakukan bisnis tersebut. alhasil A mendapatkan mobil dimana mobil tersebut hanya bisa didapatkan oleh member yang telah memiliki lebih dari 4000 downline di kaki kiri dan kanannya." waw!! gila ga tuh,,,,, dia meninggalkan PNS nya hanya untuk fokus bisnis yang belum tentu menghasilkan untuk dirinya??? 
pada saat itu saya tertegun dan termenung, apa benar seperti itu?? setelah 3 tahun perjalanan hidup saya lalui, dan mendapatkan berbaagai cerita dari kerabat dan kawan terdekat, sebagian besar dari mereka juga memiliki cerita yang sama.
yap,, memang benar, Fokus adalah salah satu kunci kesuksesan kita.
Dimanapun kita berada, apapun pekerjaan kita, apabila kita benar benar fokus dan terus menggelutinya kita pasti berhasil dan menghasilkan! Tak peduli apapun kerjaan kita, dan tak peduli siapa kita, tetaplah fokus terhadap apa yang kita inginkan dan kerjakan, pasti akan menghasilkan sesuatu yang indah.
dengan fokus atau memusatkan perhatian kepada satu titik , tentu kita akan terus memahami, baik dari kekurangan, kelebihan, atau bahkan dapat mengembangkannya dengan ide ide gila di sepanjang usia kita.
Apakah perlu hanya Fokus? Tentu tidak, Fokus saja tanpa inovasi dan berfikir panjang, hanya akan membuahkan hasil tetap saja,,, perlu adanya Kreatifitas kita

Kreatif 
Kreatif, Menurut para ahli Kreatifitas adalah :
• Guilford (1967) menyatakan bahwa intelejensi berkaitan dengan berpikir secara konvergen, sedangkan kreativitas adalah berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk berpikir divergen. Berpikir konvergen merupakan proses berpikir yang didasari oleh berbagai hal menuju satu kesimpulan. Sedangkan berpikir divergen kemampuan berpikir yang berawal dari satu persoalan atai satu hal menuju berbagai hal. 
• Utami Munandar menjelaskan bahwa kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan produk-priduk baru, meskipun tidak semua komponennya baru.
 • Edward de Bono menyatakan bahwa kreativitas berasal dari bahasa inggris yaitu “create” yang artinya mengadakan sesuatu yang sebelumnya belum ada. Dan sesuatu tersebut harus memiliki nilai-nilai tersendiri, maka kreativitas dapat diartikan sebagai menciptakan sesuatu yang benarbenar baru yang mengandung nilai-nilai.
Menurut saya kreatifitas adalah menciptakan sebuah inovasi baru pada suatu hal sehingga membuat hal tersebut menjadi baru dan lebih unik dari yang lainnya.
Apabila kita mengalami sebuah kemerosotan usaha, kreatifitas perlu dikembangkan, karena saat ini, orang orang kreatif dan beruntung lah yang akan menguasai... banyak sekali bukti yang telah terselipkan dijagat raya. Setiap barang atau pekerjaan yang dikembangkan pasti memiliki nilai yang lebih tinggi daripada barang atau pekerjaan yang dikerjakan dengan biasa saja.

Sekian dari saya.... lain waktu jikalau saya mendapatkan omongan orang tua yang bisa saya bagi,, kenapa tidak?
"Tetaplah fokus dengan pekerjaan anda, hingga anda dapatkan hasil maksimal, dan kembangkan dengan kreatifitas anda. Wujudkan inovasi baru dalam pekerjaan anda."

0 comments:

Post a Comment