Pages

Sunday, September 25, 2011

Belajar Keil Compiler - Part 1

Selamat Malam kawan kawan Blog semua...
Untuk mengawali tulisan ini, saya mengucap Alhamdulillah, karena beberapa hari kemarin telah selesai dengan sidang akhir saya...  hehe...
Kebetulan sidang saya menggunakan Microkontroler,, jadi, pengen bahas lebih jauh tentang Microcontroller dan seluruh isinya. (*kayak apa gitu... :p)
nah,, kebetulan saya sudah menjadi member dari http://8051projects.net , teman2 bisa juga bergabung dengan mereka,,, banyak banget ilmu yang bisa diambil dari sana.... Semoga kita bisa mengambil ilmu bermanfaat dari sana.. :D

Nah, Belajar keil Compiler,,, susah ga? menurut saya belajar pada dasarnya adalah diawali dengan membaca,,, betul tidak? apakah membaca itu sulit?
pasti jawabannya .. "MUDAH" bener kan? hehheh...
yap,,, membaca itu mudah, tapi memahami dan mempraktekannya itu sulit... jadi, apabila kita mw merubah paradigma (ciee,, paradigma... hahahha :p)

Tentu kita sudah tak asing lagi dengan yang namanya Compiler C seperti AVR Studio 4, Codevision, winavr, dll. nah, Keil Compiler juga merupakan compiler C yang juga memiliki library yang cukup lengkap. Untuk sidang kemarin sih, library AT89S yang di Codevision sudah tidak ada, disini masih ada. Jadi, saya mulai menggelutinya.. :D

Pada dasarnya semua Compiler C itu sama, yang bedanya adalah librari yang disediakan. Sebut saja library delay_ms pada Codevision, di Keil itu berbeda penulisannya, tapi fungsinya sama apabila nanti digunakan.

untuk awal - awal , mari kita berkenalan dengan KEIL COMPILER ( bagi master master Keil yang sudah Expert ,, mohon koreksi apabila ada kesalahan dalam penulisan dan penjelasan.. )
menurut web resminya keil
The Keil products from ARM include C/C++ compilers, debuggers, integrated environments, RTOS, simulation models, and evaluation boards for ARM, Cortex-M, Cortex-R, 8051, C166, and 251 processor families.
Saya coba terjemahkan.... :D
Keil dari ARM dapat digunakan sebagai C/C++ compilers, Debuggers, terintegrasi environment, RTOS, model simulasi, dan bisa digunakan sebagai papan ARM Evaluasi, Cortex-M, Cortex-R, 8051, C166, dan  Keluarga Procesor 250.

Kita dapat menggunakan Keil C51 secara gratis namun kode hasil kompilasi hanya akan dibatasi sampai 2KB saja. Mengapa simulator itu penting? Simulasi merupakan suatu hal yang cukup penting ketika kita hendak memverifikasi hasil kode program kita bagaimana berjalannya di mikrokontroler sebelum benar-benar kita tuliskan (download) ke dalam mikrokontroler. Simulasi juga akan sangat membantu ketika kita hendak mencoba hal-hal baru sebelum diterapkan di mikrokontrolernya.
Interface Keil Compiler
Untuk Teman - teman yang ingin mencoba, silakan download filenya disini :


1 comments:

  1. maav kakak, mungkin punya buku atau pdf tentang program untuk belajar keil?

    ReplyDelete