Pages

Sunday, November 04, 2012

Melamar Pekerjaan dengan Email

Assalammualaikum Wr Wb.
Selamat pagi sahabat bloggers dan seluruh kawan maya. :D
pagi pagi saya disemprot ama teman untuk ngajarin dia cara daftar pekerjaan lewat email. Di dunia yang semakin canggih, emai menjadi pilihan banyak perusahaan besar. mungkin salah satu faktornya adalah efisiensi waktu, tenaga dan dana. dan proses pengiriman pun tepat sasaran (asal email benar. eml)
Nah, Untuk kawan - kawan yang masih awam nih, saya ingin berbagi cara bagaimana melamar pekerjaan dengan menggunakan email.

Sebelumnya, saya asumsikan teman - teman sudah memiliki email. jika ada yang belum memiliki email silahkan hubungi saya. saya bisa bantu untuk membuatkan email untuk anda. dengan biaya GRATIS. :D



Lets Cekidot (asyikkk.. :D) :
  1. Siapkan semua dokumen yang biasa anda gunakan untuk melamar pekerjaan. pastikan sesuai dengan yang perusahaan minta. kemudian Scan dokument tersebut satu per satu dengan format Jpeg/Pdf. saran saya gunakan PDF. karena lebih flexibel (tergantung permintaan perusahaan. Jika kesulitan membuatnya, datang saja ke warnet / rental terdekat (bukan rental PS.. :p). Untuk CV dan Surat Lamaran ditulis di Word saja dengan format .doc (jangan .docx) agar lebih mudah masuk ke Office 2003
  2. Masuk ke akun email anda. dalam tutorial ini saya gunakan yahoo mail. Pada dasarnya semua email sama entah itu Gmail, Hotmail, Plasa dll. Hanya tampiilan dan kata - kata saja yang berbeda sehingga terkadang membuat bingung.
  3. Perhatikan email anda, cari Compose Message /Tulis Surat
  4. Muncul kotak dialog tulis surat. Biasanya ada tulisan To: .... , cc:...., Suject /Title, dan Jendelan Putih besar.
    1. Fungsi dari panel diatas :

      1. To : Tujuan Utama pengiriman. Biasanya di isi email tujuan perusahaan yang diminat oleh perusahaan itu sendiri
      2. cc (copy carbon) : Untuk melakukan duplicat pengiriman. jadi jika anda perlu untuk mengirim ke email lain, gunakan fungsi ini. untuk melamar pekerjaan lebih baik jangan gunakan cc. karena barangkali disangka kita mendua hati. :D
      3. Subject : Judul Email anda. biasanya ditulis Lamaran untuk posisi tertentu. atau sesuai dengan permintaan perusahaan. pengalaman saya ada perusahaan yang meminta pengiriman email dengan judul "Lamaran - Kode Unik" ada juga "Lamaran xxx". bergantung dari masing masing permintaan. jika tidak ada ya normal saja..
      4. Attach File / Lampirkan File : Untuk melampirkan dokument dokumen yang akan disertakan saat kita mengirim email. dokument tersebut harus dalam format tertentu dan biasanya harus dibawah  500kb. biasanya perusahaan hanya menginginkan 300kb-500kb saja. 
  5. Isi text di kotak To : , Title:, dan Isi email. Jangan terlalu basa basi dan jangan terlalu singkat. simple,tegas, jelas. jika sudah langsung lampirkan file yang sudah dipersiapkan di awal tadi. Lampirkan satu persatu untuk menghindari crash loading lampiran 
    Cari lamaran, scan dokumen, dll di tempat anda menyimpan. Satu per satu saja ya.. jika satu loading sudah selesai, klik lagi attach untuk lampiran file berikutnya
  6. Jika sudah terlampir semua, pastikan tidak ada loading di panel lampiran. karena biasanya lampiran gagal di upload karena file terlalu besar atau bentrok. Pastikan semua file lengkap dan jangan sampai ada yang tertinggal karena itu awal / kesan yang akan perusahaan nantinya.
  7. Klik Send / Kirim. Cek email anda apakah sudah terkirim atau belum di folder Sent
Selesai deh mengirim lamaran dengan email. Semoga tutorial ini dapat membantu teman - teman untuk mencari pekerjaan dan semoga cepat dipanggil ya... :D
Jika ada yang masih bingung dan ingin ditanyakan silahkan comment saja, saya siap membantu

0 comments:

Post a Comment