Pages

Tuesday, April 09, 2013

Sempu Island - Amazing Beach

Assalammualaikum
Kalo ngomongin tempat rekreasi di Indonesia, kita bisa sebut banyak banget apalagi kalo pantai... banyak bangeddddd :D. Untuk mencapai Pantai biasanya kita hanya menggunakan kendaraan dan sampai ke tempat rekreasi tersebut. Nah, ada tempat wisata yang beda nih, kita harus berjuang mencapai tempat wisata itu. dan harus berkotor kotor ria serta melewati hutan belantara mirip hutan di film PREDATOR.

Sempu Island, Sebuah pulau yang letaknya di Jawa Timur, Tepatnya di Batu. Untuk mencapai tempat ini, saya berangkat dari Kediri melewati jalan liku malang, dan harus melewati jalanan hutan sepanjang 14Km. Saya berangkat bersama kawan - kawan dari Pare di Pandu oleh Tutor kami Mr. Abdul yang sudah berpengalaman bolak-balik Sempu Island tiap 2 Minggu. (*kayak udah kampung sendiri ya.. :D)

Perjalanan dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Masing - masing dari kami mempersiapkan bekal, bahan, dan barang bawaan yang nanti bakal di butuhin pas perjalanan. Barang yang wajib di siapkan adalah Sepatu Hiking Sewaan, Tenda (Jika mau menginap) dan Air Mineral. Untuk yang suka pake sunblock, ga usah dipake deh, karena di hutan nanti ga akan terpakai, karena pepohonan menutupi sinar matahari. Setelah semua selesai, perjalanan kami mulai dengan menyebrang pulau menggunakan kapal penduduk sekitar. sekitar 10 Menit untuk mencapai Pulau tersebut.

Mencapai Pulau, kami disambut dengan Pasir putih yang cukup indah dan batu karang besar serta sebuah tempat mirip WC yang sudah tak terawat. Disini kami mulai mengeluarkan peralatan untuk hiking (*bahasanya biar keren dikit :p). Briefing pun dimulai, Setiap dari kami tidak boleh membawa barang bawaan di tangan kecuali tongkat pembantu. karena medan tempur begitu berat, kemungkinan barang akan lecet sangat besar. Berdoa untuk keselamatan dan kesehatan selama perjalanan dimulai. BERANGKAT!!

Awal yang indah, kami disambut pepohonan besar, dan tanah yang sudah agak lembek. Jalan setapak yang hanya bisa dilewati para pejalan kaki. berliku, penuh akar, lumpur, tanah tandus, dan jalan sempit. Perlahan kami lewati jalanan lumpur, becek, dan licin. Memakan waktu hingga 2 Jam (Paling Cepat)  untuk mencapai pantai. Namun, rombongan kami menghabiskan lebih dari itu, dikarenakan salah satu rombongan wanita ada yang mengalami kesulitan dan keletihan. Sehingga kami harus mengimbangi dia berjalan. Its No Problem, karena prinsip kami adalah menikmati perjalanan bukan cepat sampai tujuan.

Setelah berjam - jam berlalu, Terpleset Akar pohon, terjebak di Lumpur, Tertindas Batang Pohon, dan banyak lagi kejadian tak terduga menemani perjalanan kami. Terdengar suara deburan Ombak menghempas karang pantai. Perasaan senangpun tak terelakkan lagi, ingin cepat sampai ke Pantai dan bermain dengan desiran pasir sempu. Ternyata rintangan menghadang masih menghadang di 100 meter menuju pantai. Jalanan Terjal, penuh akar dan bersudut 75 derajat dan hanya muat untuk 2 orang, serta di kanan kami adalah jurang yang lansung masuk ke tengah laut!.

Rasa senang kami harus dikesampingkan dulu agar kami tak terjatuh ketika melewati rintangan terakhir ini, perlahan tapi pasti saya membantu kawan wanita yang keletihan dengan membawa tas bawaannya. Pandanganpun menjadi sulit karena jalan tertutup tas yang saya bawa di depan dada. Perlahan tapi pasti, akhirnya mencapai Pantai SEMPU ISLAND! Subhanallah...

Sebuah Pantai yang langsung terhubung dengan Samudera Hindia, Ya Sempu Island. Sebuah Pantai menakjubkan di pinggir Kota Batu, Jawa Timur. Air laut yang masih murni dan benar-benar jernih tak terkontaminasi oleh polusi udara dan polusi BBM. Sungguh indah ciptaan Allah SWT. Subhanallah. Letih kami terbayar dengan indahnya pantai, setelah sampai segera kami menuju air laut untuk menikmati keletihan yang sungguh hebat. Lebar pantai memang tak selebar pantai biasanya, hanya seperti Laguna yang kecil, Namun kejernihan airnya lah dan pesona Samudera Hindia yang membuat Sempu Island menarik untuk dikunjungi, apalagi dengan Amazing Route yang menantang. Menarik untung Datang?

Persiapan yang matang agar perjalanan anda tak sia - sia. beberapa tips yang mungkin berguna untuk anda, dan sedikit saran untuk anda yang ingin menuju ke Sempu Island.
  1. Waktu
    Kenapa saya bicara masalah waktu? Mari kita lihat asumsi saya
    • Perjalanan Menelusuri Hutan 3 Jam (Waktu Terlama karena ditambah istirahat disetiap point)
    • Rehat, Berenang dan Foto di Pantai : 3 Jam
    • Perjalanan Pulang 3 Jam
    Paling tidak anda membutuhkan waktu 9 Jam untuk berekreasi di Pantai Sempu. Bagi anda yang tidak ingin menginap (1 day Trip) Pastikan anda sampai di TPI dekat pulau sempu pukul 08:00 WIB(Pukul 07:00 WIB penyebrangan belum buka). saya rasa anda bisa pulang sore dan tak tersesat ketika pulang karena hari masih sore. Namun, jika anda sampai ke Pulau Pukul 12.00 WIB, dan tidak berencana menginap, jangan pernah meneruskan perjalanan anda. Karena dipastikan anda akan pulang saat gelap dan itu akan menyusahkan anda sendiri ditambah medan perjalanan yang berat.
    Namun, bagi anda yang memang mau menginap, silahkan berangkat jam berapa saja, dan persiapkan seluruh alat camping seperti tenda, pasak, dll. Selalu siap sedia untuk cuaca apapun.
  2. Persiapan
    Segala sesuatu butuh persiapan, apalagi hiking yang melalui jalan berat dan diakhiri berenang atau memancing. Persiapkan apa yang anda butuhkan ketika sampai di tempat tujuan, namun saya sarankan untuk memikirkan persiapan ketika dijalan berat. bawa setidak-tidaknya 3 Botol Air Mineral 1 Liter. Minimal itu ya, karena akan banyak menguras keringat anda dan otomatis anda menjadi kehausan. Belajar hidup di hutan dan Survive!
Segitu mungkin yang bisa saya ceritakan kepada anda, Untuk anda yang suka berpetualang dan Survive, disinilah tempatnya! dan bagi anda yang baru mau mencoba berpetualang dan merasakan sensasinya, bawalah teman anda yang sudah berpengalaman dengan Hiking, Climbing, Pramuka dll. Selamat Mencoba dan Visit INDONESIA!