Pages

Monday, September 26, 2011

Mengubah Permission Folder di Linux Via Terminal

Permission selalu jadi masalah bagi kita yang awam di Unix / Linux. nah, hal ini pun terjadi pada saya... XD (saya emang cupu masalah unix... :p). dan saya mencoba mencari sebuah artikel yang mudah dan dapat dimengerti bagi orang awam seperti saya,,,, saya dapatkan dari kaplinglinux.com

Saya tulis kembali disini dengan bahasa saya sendiri,,, karena membagi ilmu bagi saya adalah hal yang diharuskan, namun dengan bahasa saya sendiri, supaya tidak dianggap plagiat ato lain lain.. ^_^

pada percobaan ini, saya menggunakan Folder 'multipageproject'

Perhatikan Gambar disamping :
multipageproject dalam keadaan Root untuk semua aksesnya (owner dan  group), nah bagaimana saya melakukan setting agar menjadi user yang bisa mengaksesnya?







Untuk pertama,buka Terminal Command ,, Bisa diakses dari Application > Accessories > Terminal
karena kita langsung ke pokok permasalahan, belajar masalah permission bisa di googling dulu,, atau nanti saya tulis disini juga.. :D
untuk permaslaahan ini digunakan fungsi chmod. fungsi ini dapat digunakan untuk menambahkan,  mengurangi atau melakukan modifikasi permission dari direktori ataupun file. Gunakan tanda + untuk melakukan penambahan, - untuk melakukan penghapusan permission. ada juga fungsi chown dan chgrp. semua akan dibahas disini
nah beberapa kode untuk permission bisa disimak dibawah ini :

uMenambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari user
gMenambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari group
oMenambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari others
aMenambah atau menghilangkan hak read, write, dan execute dari semua user
rMenghilangkan atau menambah read permission
wMenghilangkan atau menambah write permission
xMenghilangkan atau menambah execute permission 
nah, untuk contoh mari kita berikan perintah 'chmod u-r multipageproject' (tanpa petik)
mari kita liat bedanya .
 sebelum dilakukan perintah

 setelah dilakukan perintah

nah, ada perubahan permission bukan? yaitu  drwxr berubah menjadi d-wxr ini menandakan bahwa folder ini dihilangkan read permission yang artinya folder tidak bisa dibuka oleh user owner.
nah, apabila ingin megembalikan kembali, maka berikan perintah 'chmod u+r multipageproject'

Selanjutnya, apabila kita ingin merubah kondisi directory dapat write atapun dimodifikasi oleh user biasa, kita bisa menggunakan fungsi chown. fungsi ini merubah owner dari folder
kita bisa liat gambar diatas  (yang pertama lhoo... ). dalam kondisi ini multipageproject owner adalah root, nah untuk merubahnya ke user biasa kita gunakan 'chown *nama user* directory/files
chown user1 multipageproject
perlu di ingat, kondisi harus dalam kondisi root alias pemegang kendali :D. bisa diketikkan sudo nanti akan diminta password dari user root, apabila sudah, kondisi rooting ada difolder mana, pengaksesan file harus dimount terlebih dahulu supaya mudah untuk perubahan permission. dalam kasus ini multipageproject berada dalam folder user1, sehingga mount rooting saya berada dalam user1. apabila berada di folder lain, bisa dimount terlebih dahulu menggunakan perintah cd *destination folder*. misalkan ada di dalam folder Downloads, bisa dimount atau langsung dengan asumsi penulisan folder adalah /home/user1/multipageproject

Untuk merubah akses grup, bisa menggunakan chgrp *nama user* folder/file
chgrp user1 multipageproject

Oke,, sekian dlu ya postingnya,,, lain waktu akan dibahas tentang permissionnya,, salam blogger from protol ^_^

0 comments:

Post a Comment