Pages

Wednesday, January 26, 2011

Perlindungan Terhadap Surja Petir (Tegangan Tinggi)

Sering kita dapati , peralatan listrik atau pusat pembangkit rentan apabila terkena surja petir. apalagi jika terkena langsung, akan sangat membahayakan peralatan yang ada didalam sambungan tersebut.

Gangguan petir pada peralatan listrik (pusat Pembangkit, Gardu induk, saluran transmisi dsb) dapat berupa sambaran langsung dan sambaran tidak langsung.
Sambaran langsung adalah sambaran dari surja petir langsung mengenai peralatan listrik tersebut. gangguan ini adalah gangguan yang paling hebat di antara yang lain karena dapat menimbulkan tegangan lebih (over voltage) yang tidak mungkin dapat di tahan oleh isolasi yang ada. nah, untuk mengatasinya biasanya dipasang penangkal petir (lightning rod) yang dipasang di portal kerangka besi gardu yang bersangkutan.
sambaran langsung ini bisa berupa sambarang terhadap kawat tanah dan sambarang pada kawat fasa.

Sambaran Tak langsung adalah sambaran yang dapat terjadi apabila ada awan listrik di atas peralatan. awan ini akan menginduksikan muatan dalam jumlah besar dengan polaritas yang berlawanan dengan awan tersebut. ini menimbulkan muatan terikat. bila terjadi pelepasan muatan dari awan tersebut, maka muatan terikat tersebut akan bebas, dan akan menjadi gelombang berjalan yang besarnya tergantung dari keadaan. biasanya sih besarnya 100-200kV. ini tidak berbahaya bagi peralatan tegangan tinggi, tapi merupakan ancaman bagi peralatan distribusi.

Nah, Untuk melakukan perlindungan terhadap sambaran surja petir, ada 3 yang pada umumnya digunakan oleh PLN kita :
1. Perisai Pembumian (earthing screen)
2. Kawat udara tanah
3. Arrester

yuk kita bahas satu satu
Apa sih itu Perisai Pembumian?
Perisai Pembumian itu adalah sebuah penghantar tembaga yang dipasang di atas peralatan listrik dalam gardu induk dan pusat pembangkit. perisai tersebut dihubung ke tanah, paling sedikit dipasang di dua titik yang memiliki tahanan rendah. bila terjadi sambaran langsung pada pusat pembangkit atau GI, perisai yang tahanannya rendah akan menyarlurkan surja petir tersebut ke bumi. dengan demikian peralatan dari pembangkit dan GI dilindungi terhadap kerusakan. metode ini terbatas sekali, karena tidak dapat melindungi gelombang berjalan yang mungkin bisa sampai ke peralatan di dalam pembangkit dan GI
fungsi dari perisai pembumian ini sendiri adalah melindungi Pusat pembangkit atau GI dari sambaran Surja Petir

0 comments:

Post a Comment